balaghoh

kumpulan makalah balaghoh

Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
Minggu, 18 April 2010

musawah

Diposting oleh Unknown

Al-MUSAWAH
I. PENDAHULUAN
Dalam ilmu bahasa sastra mesti mengenal yang namanya keindahan dalam kata dan ini adalah bagian dalam sastra yang membahas kosa kata dan akan menjadi indah

II. RUMUSAN MASALAH
A. Pengertian Al-musawah
B. Ruang lingkup Al-musawah

III. PEMBAHASAN
Pengertian Al-musawah adalah: Menyesuaikan makna pada lafadz dan menyesuaikan lafadz pada makna dan tidak ada tambahan sama sekali.
Contohnya: قال تعالي: وما تقدموالآنفسكم من خير تجدوه عندالله
Artinya: dan apa-apa yang kamu usahakan dari kebaikan untuk dirmu,tentu kamu akan mendapat pahalanya di sisi ALLAH
Contoh:وقال النابغة الذبياني :
فاإنك كالليل الذي هو مدركي# وان خلت آن المنتآي عنك واسع
Artinya: Sesungguhnya kamu itu seperti malam yang dapat mengejarku sekalpun engkau menduga bahwa menghindar darimu banyak tempat yang luas.
Ruang lingkup:
Dalam Al-musawah di sini sangat jelas bahwa suatu kata tersebut tidak ada penambahan sama sekali ataupun pengurangan dalam kata atau menggunakan kalimat seringkas-ringkasnya,dengan panjang lebar,dan sedang-sedang saja,sesuai dengan keadaan sang mukhottob dan situasi penbicaraannya.Bila kita perhatikan contoh-contoh di atas,kita dapatkan bahwa kata-katanya di susun sesuai makna yang di kehendaki dan seandanya kita tambhi satu kata saja,niscanya tampak kelibihan itu ada,dan bila kita kurangi satu kata saja,niscanya akan mengurangi maknanya.

III. KESIMPULAN
Sangat jelas bahwa Al-musawah itu tidak ada sama sekali penambahan apapun dan pengurangan apapun dalam suatu pembuatan kata atau kata-kata.

IV. PENUTUP
Demikian makalah yang dapat kami susun, kami menyadari masih banyak kekurangan dan kesempurnaan dari makalah ini. Demi kesempurnaan makalah selanjutnya kami Sebagai pemakalah meminta kritik dan saran yang membangun dari teman-tenan semua. Mudah-mudahan makalah ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Amin………..



DAFTAR KEPUSTAKAAN

Ali aljarimi,Albalaghah alwadhakh,Mesir:PT AL-Ma’arif,1982.

Akhdhori,Imam,jauhar al Maknun(terj.Moch.Anwar),PT:AL-Ma’arif,1979.

Bek Nashif,Khufni,dkk,Quwaid al-lughoh al-arabiyah,Semarang:Pustaka Alawiyah.

0 komentar:

Posting Komentar